Permintaan kebutuhan pelanggan
1.Permintaan pelanggan atas
proyek
Dalam melakukan analisi pelanggan, sesorang Pengusaha
perlu memperkirakan jumlah permintan pelanggan atas barang yang dimiliki.
Tujuan dari analisi permintaan pelanggan adalah untuk menentukan besarnya
permintaan akan suatu barang , sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan.
yang
mempengaruhi permintaan pelanggan :
1. Tingkat
Pendapatan Konsumen
2. Harga
Barang yang ditawarkan
3. Selera
Konsumen
4. Harga
Barang lainya
2.Pangsa Pasar Proyek
Pangsa Pasar
adalah strategi pemasaran yang melibatkan membagi target market yang luas ke
dalam himpunan bagian dari konsumen, bisnis, atau negara-negara yang memiliki,
atau yang dianggap memiliki, kebutuhan umum, kepentingan, dan prioritas, dan
kemudian merancang dan menerapkan strategi untuk menargetkan mereka.
3.Faktor
lingkungan eksternal
Lingkungan
Ekstern Mikro
1. Pelanggan
(customers)
Pelanggan membeli produk barang dan jasa.
Perusahaan tidak dapat hidup tanpa dukungan pelanggan. Oleh karena itu, untuk
mencapai keberhasilan usahanya suatu perusahaan perlu mengamati perubahan
kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Pengamatan
reaktif dan proaktif merupakan strategi dalam mengamati kebutuhan dan keinginan
pelanggan. Pengamatan reaktif adalah memusatkan perhatian pada kecendrungan dan
masalah pelanggan setelah kejadian, misalnya mendengarkan keluhan pelanggan.
Pengamatan proaktif terhadap pelanggan adalah dengan memperkirakan kejadian,
kecendrungan, dan masalah sebelum hal itu terjadi (sebelum pelanggan mengeluh).
2. Pesaing
(Competitors)
Pesaing adalah perusahaan di dalam industri
yang sama dan menjual produk atau jasa kepada pelanggan. Seringkali perbedaan
antara keberhasilan dan kegagalan usaha tergantung pada apakah perusahaan
melakukan pelayanan yang lebih baik daripada pesaing lain. Karena itu,
perusahaan harus melakukan analisis bersaing, yaitu menentukan siapa
pesaingnya, mengantisipasi pergerakan pesaing, serta memperhitungkan kekuatan
dan kelemahan pesaing.
3. Pemasok (suppliers)
Pemasok adalah perusahaan yang menyediakan
bahan baku, tenaga kerja, keuangan dan sumber informasi kepada perusahaan lain.
Terdapat hubungan saling ketergantungan antara pemasok dan perusahaan. Ketergantungan
perusahaan pada pemasok adalah pentingnya produk pemasok bagi perusahaan dan
sulitnya mencari sumber lain sebagai pengganti. Ketergantungan pemasok pada
perusahaan adalah suatu tingkat dimana perusahaan pembeli sebagai pelanggan
bagi pemasok dan sulitnya menjual produk kepada pembeli lain.
4. Perwakilan-perwakilan Pemerintah
Hubungan organisasi dalam
perwakilan-perwakilan pemerintah berkembang semakin kompleks.
Peraturan-peraturan industri yang ditetapkan oleh perwakilan pemerintah ini
harus ditaati oleh organisasi dalam operasinya, prosedur perijinan, dan
pembatasan-pembatasan lainnya untuk melindungi masyarakat.
5. Lembaga Keuangan
Organisasi-organisasi tergantung pada
bermacam-macam lembaga keuangan, seperti bank-bank komersial, bank-bank
instansi, dan perusahaan-perusahaan asuransi termasuk pasar modal. Lembaga
keuangan ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk menjaga dan memperluas
kegiatan-kegiatannya seperti pendanaan untuk membangun fasilitas baru dan
membeli peralatan baru, serta pembelanjaan operasi-operasinya. (Oktari,
2011)
Lingkungan
Ekternal Makro
Lingkungan
eksternal makro mempengaruhi organisasi dengan dua cara, yaitu :
Kekuatan-kekuatan di luar tersebut mempengaruhi suatu
organisasi secara langsung atau secara t idak langsung melalui satu atau
lebih unsur-unsur lingkungan eksternal mikro.
Unsur-unsur
lingkungan makro menciptakan iklim, di mana organisasi ada dan harus memberikan
tanggapan. Misalnya kecanggihan teknologi, keadaan perekonomian, dan
perubahan-perubahan sosial.
Jadi pada garis besarnya, lingkungan eksternal makro merupakan unsur-unsur
yang tidak berpengaruh langsung terhadap kegiatan organisasi, yang meliputi
teknologi, ekonomi, politik, dan sosial yang mempengaruhi iklim di
mana organisasi beroperasi dan mempunyai potensi menjadi kekuatan-kekuatan
sebagai lingkungan eksternal mikro.
sumber
http://fandhijulianerfolg.blogspot.co.id/2016/08/kebutuhan-pelanggan.html
http://cysmixs.blogspot.co.id/2016/08/kebutuhan-pelanggan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar